Seluk Beluk Windows Registry


Pada artikel yang lalu, saya telah membahas "Seluk Beluk System Restore" dan juga "Penjelasan Pada Windows Registry". Sekarang, saya akan membahas lebih lanjut tentang Windows Registry. Karena, banyak dari kita yang tidak tahu dengan Registry. Supaya, kita lebih mengerti bagaimana sistem kerja Windows.





Cara membuka Windows Registry adalah dengan tekan tombol WIN + R lalu ketik regedit lalu enter. Pada Windows, ada 5 bagian Registry. Saya sudah cek di Windows XP, Vista, 7, dan Windows 8, registry terdiri dari 5 bagian, tidak ada perubahan pada tiap versi Windows.











Semua bagian registry tersebut diawali dengan kata "HKEY". "HKEY" tersebut bernama 'root keys', yaitu kunci dasar dan kunci tingkat atas (top-level keys). 5 Bagian registry seperti terlihat digambar diatas adalah:
    1. HKEY_CLASSES_ROOT
    2. HKEY_CURRENT_USER
    3. HKEY_LOCAL_MACHINE
    4. HKEY_USERS
    5. HKEY_CURRENT_CONFIG
Setiap 'root keys' tersebut mempunyai 'sub-keys' dan setiap 'sub-keys' mempunyai 'sub-sub-keys' dan begitulah seterusnya. Peringkat terbawah dari setiap 'root keys' memiliki sebuah nilai (value) yang berupa nilai binari (binary) atau string ASCII

Sekarang, saya akan membahas 5 'root keys' tersebut.

HKEY_CLASSES_ROOT

HKEY_CLASSES_ROOT adalah bagian yang paling utama. Bagian ini merupakan kumpulan induk 'root keys'. Sistem Windows menggunakan bagian ini sebagai "pengurus" semua jenis file. Misalnya, lokasi jenis file (*.*JPG). Dengan ada value tersebut, kita dapat membuka ekstensi tersebut dengan program Windows Picture Viewer. Jadi, semua ekstensi file ada di HKEY_CLASSES_ROOT. Sehingga, ekstensi tersebut dapat dibuka oleh program yang tepat.

Jika kamu menginstall program baru dan program tersebut membaca file berekstensi baru, maka HKEY_CLASSES_ROOT akan semakin panjang.






















HKEY_USERS

HKEY_USERS memiliki semua data pengaturan pengguna komputer. Jika pengaturan komputer sejak awal diatur untuk lebih dari satu user, root keys ini akan menyimpan profil masing - masing penggunanya. Profil tersebut menyangkut perbedaan pengaturan sound, wallpaper, skin, screen saver, dan software yang digunakan.


HKEY_CURRENT_USER

HKEY_CURRENT_USER adalah tempat untuk menyimpan pengaturan tentang pengguna yang sedang mengoperasikan komputer. HKEY_CURRENT_USER adalah nama lain bagi HKEY_USERS. Saat kamu atau orang lain mengubah wallpaper yang ada di desktop, Windows akan menyimpannya terlebih dahulu di HKEY_CURRENT_USER.

Setelah kamu log-off dari komputer, Windows masih tetap menyimpan semua konfigurasi tersebut ke dalam profil HKEY_USERS secara permanen. Tujuannya untuk memastikan setiap perubahan yang dilakuan hanya untuk seorang pengguna, buka untuk pengguna lainnya.

HKEY_LOCAL_MACHINE

HKEY_LOCAL_MACHINE mengandung semua pengaturan perangkat keras (hardware) yang dipasang di dalam komputer. Semua pengaturan akan tersimpan untuk semua pengguna komputer.

HKEY_CURRENT_CONFIG

HKEY_CURRENT_CONFIG adalah nama lain dari HKEY_LOCAL_MACHINE. Tapi, HKEY_CURRENT_CONFIG mengandung nama profil dari setiap hardware komputer. Setiap hardware, mempunyai nama profil seperi 0001, 0002, 0003, dan seterusnya sesuai konfigurasi profil yang kita simpan.

Selesailah pembahasan kita mengenai seluk beluk Windows Registry. Jika ada yang kurang dimengeri, kotak komentar selalu terbuka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar